Setelah Sewindu, Akhirnya Persiraja Kembali ke Level Satu

Sebagian pemain Persiraja | Foto Instagram

ACEHFOOTBALL.net — Persiraja Banda Aceh meraih tiket promosi ke Liga 1 2020 usai mengalahkan Sriwijaya FC 1-0 pada perebutan tempat ketiga Liga 2 2019 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (25/11/2019).

Gol tunggal Persiraja tercipta lewat aksi Assanur Rijal pada menit ke-53. Duel kedua tim berlangsung sengit sejak awal. Gol Torres berawal dari pergerakan Defry Riski yang menusuk ke dalam kotak penalti Sriwijaya FC.

Bola lalu lepas dari kontrol Defry. Beruntung, ada Assanur yang berdiri bebas di sebelahnya. Penyerang 23 tahun tersebut lantas mencocor bola ke gawang yang telah kosong. Ia memecahkan kebuntuan, meskipun kalah dalam penguasaan bola. 

Pemain orbitan Aceh United ini membuka kans Laskar Kutaraja untuk meraih kemenangan dalam laga ini. Setelah unggul 1-0, Persiraja mencoba mengamankan pertahanan mereka dari gempuran Sriwijaya FC.

Laga sempat berlangsung panas pada injury time. Pasalnya, wasit Sigit Budiyanto menentukan tambahan waktu sampai enam menit. Tapi, setelah tujuh menit berlalu, wasit belum juga menghentikan pertandingan. 

Begitu waktu normal selesai, wasit Sigit menaruh peluitnya di ujung bibir. Bunyi “prittt” mengundang skuat Persiraja yang berada di bangku cadangan untuk menyerbu lapangan.

Mayoritas pemain Persiraja Banda Aceh bersuka cita. Ada yang berlarian karena tidak dapat menahan kebahagiaan, ada pula yang berurai air mata. Dua di antaranya ialah Defri dan Torres, dua pemain yang memegang peranan penting atas keberhasilan Persiraja promosi.

Tangis keduanya pecah setelah wasit Sigit Budiyanto meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan perebutan tempat ketiga Liga 2 2019. Persiraja akhirnya bersorak setelah laga tuntas. Pemain dan ofisial saling berpelukan di lapangan setelah memastikan tiket ke Liga 1 musim depan.

Persiraja Banda Aceh terakhir sewindu lalu berkompetisi di kasta tertinggi Indonesia ialah pada IPL 2011-2012. Kala itu, tim yang diasuh Heri Kiswanto ini menjadi juara II Divisi Utama setelah kalah tipis 0-1 dari Persiba Bantul.

Kemudian pada Divisi Utama 2012-2013 dan 2014. Setelah satu musim tidak ada kompetisi, Persiraja kembali tampil di Liga 2 2017. Musim lalu, Persiraja hanya finis di peringkat ketiga babak delapan besar Liga 2-2018. [Wsp/Dbs]

| BOLA.com

Tinggalkan Balasan