PSSI Minta Pelatih Asal Korsel Fokus ke Piala Dunia U-20

Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-Yong

ACEHFOOTBALL.net — PSSI segera menunjuk pelatih dari Korea Selatan, Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia diminta untuk mengurusi juga tim Merah Putih usia muda, termasuk Timnas U-19 yang akan tampil di putaran final Piala Dunia U-20 2021 yang bakal digelar di Indonesia.

Shin Tae-yong yang sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (26/12/2019) sore menyebut bahwa saat ini, Timnas Indonesia masih sangat jauh jika dibandingkan dengan skuad tim nasional Korea Selatan yang dibesutnya di Piala Dunia 2018 lalu.

Sang pelatih pun tertantang untuk meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. “Saya pikir akan lebih berharga jika saya bisa membagikan pengalaman saya kepada Timnas Indonesia meskipun performa mereka sebenarnya jauh jika dibandingkan dengan pemain Korea Selatan,” ungkap Shin Tae-yong dikutip dari Antara, Jumat (27/12/2019).

Setelah resmi dikontrak nanti, PSSI mengharapkan Shin Tae-yong langsung fokus untuk menangani Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil sekaligus menjadi tuan rumah di gelaran internasional yakni Piala Dunia U-20 2021.

“PSSI ingin saya untuk fokus kepada tim Piala Dunia U-20 karena mereka [Indonesia] akan menjadi tuan rumah kejuaraan tersebut,” ungkap pelatih berusia 49 tahun ini.

Shin Tae-yong mengakui bahwa PSSI sebenarnya menawarkan kontrak tiga tahun plus tambahan durasi dua tahun berikutnya, namun ia memilih untuk bekerja selama tiga tahun dulu sebelum menentukan langkah selanjutnya.

“Saya bilang bahwa kita harus bekerja keras selama tiga tahun, lalu setelah itu kita akan lihat apa yang terjadi selanjutnya,” papar Shin Tae-yong.

Selain menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, juga Timnas U19 untuk Piala Dunia U-20 2021, Shin Tae-yong disebut-sebut juga bakal mengurusi Timnas Indonesia U23 demi meraih harapan bisa berlaga di Olimpiade Tokyo 2020.

PSSI sebenarnya punya dua kandidat terkuat pelatih Timnas Indonesia sebagai pengganti Simon McMenemy yang telah didepak. Selain Shin Tae-yong, ada pula Luis Milla Aspas, pelatih asal Spanyol yang sebelumnya juga pernah menukangi tim Garuda. Namun, PSSI lebih memilih Shin Tae-yong.

Disadur dari Antara

Tinggalkan Balasan