Kamis, Juli 2, 2020
Beranda Bolanesia PSSI Lanjutkan Liga, Tapi Gugus Covid-19 Larang

PSSI Lanjutkan Liga, Tapi Gugus Covid-19 Larang

ACEHFOOTBALL.net — Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi memastikan gelaran kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dilanjutkan pada September atau Oktober mendatang.

Keputusan ini diambil setelah rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang dilakukan secara virtual Rabu (17/6/2020). Kompetisi Liga 1 dan 2 2020 terpaksa dihentikan PSSI pada pertengahan Maret lalu karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia.

“Setelah kompetisi dihentikan kami intens melakukan komunikasi dengan dengan klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka sepakat bahwa kompetisi harus dilanjutkan. Setelah itu kami bawa ke rapat Exco, dan dengan ini PSSI memutuskan melanjutkan kompetisi,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (19/6/2020).

Selain berkoordinasi dengan klub Liga 1 dan Liga 2, PSSI mengaku telah menjalin komunikasi dengan Asosiasi Pelatih Sepak bola Indonesia (APSSI) serta Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI).

Senada dengan perwakilan klub, mereka pun sepakat untuk melanjutkan kompetisi. Bahkan, dalam laman resminya, PSSI juga menyatakan telah berkoordinasi dengan Kemenpora, Kemenkes, serta tim Gugus Tugas Covid-19, terkait lanjutan kompetisi ini.

“Tentu lanjutan kompetisi nanti akan dilakukan sesuai protokol kesehatan. Pekan lalu, PT LIB juga sudah memaparkan teknis pelaksanaan lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 kepada PSSI termasuk timeline mulai dan ujung kompetisi.

Saat ini PSSI sedang menyusun semua regulasi kompetisi lanjutan nanti seperti regulasi kesehatan, permainan, media dan lain-lain,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Sebelumnya, PSSI merencanakan Liga 1 dan 2 tetap digelar dengan format liga untuk menyelesaikan pertandingan yang tersisa. Hanya, musim ini tidak ada degradasi dari Liga 1 ke Liga 2.

Semua pertandingan Liga 1 rencananya akan digelar di Pulau Jawa demi membatasi pergerakan pemain antarpulau. Selain itu, klub Liga 1 akan mendapat subsidi sebesar Rp 800 juta per termin.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih melarang bergulirnya olahraga yang sifatnya sentuhan fisik, termasuk sepak bola.

Doni Monardo menyampaikan hal tersebut seusai menghadiri rapat dengan KOmisi X DPR-RI pada hari Rabu (17/6/2020). Tentu saja jika sepak bola masih bergulir termasuk Liga 1 dan Liga 2 maka akan membahayakan sesama.

Bahkan tidak hanya sepak bola, tetapi juga bola basket yang masuk ke dalam kategori olahraga sentuhan fisik. “Olahraga tertentu yang sifatnya sentuhan fisik, seperti halnya bola. kemudian juga basket,” kata Doni.

Selain itu Doni juga mengakui bahwa dirinya akan mengijinkan olahraga yang tidak menimbulkan risiko bagi masyarakat.

Menurutnya tidak ada alasan untuk melarang olahraga jenis tersebut untuk digelar. “Selama olahraga itu tidak menimbulkan risiko bagi masyarakat, maka tentunya tidak ada alasan bagi kita untuk melarang,” tambahnya.

| REPUBLIKA

Tinggalkan Balasan

Populer

10 Orang Terkaya di Aceh Tolak Beli Saham Persiraja?

ACEHFOOTBALL --- Ada cerita menarik dibalik penguasaan 80 persen saham mayoritas oleh Nazaruddin alias Dek Gam. Ternyata proses lobi sudah dilakukan terhadap 10 orang...

Persiraja Siap Main Dimana Saja: Hendri Susilo

ACEHFOOTBALL.net — Pelatih Persiraja Banda Aceh Hendri Susilo, menyatakan timnya siap tampil (main) di mana saja ketika kompetisi dilanjutkan. “Tidak masalah, di mana pun digelar,...

Sejarah: Ayah Angkat Martunis Cetak 100 Gol di Eropa

ACEHFOOTBALL --- Ayah angkat Martunis, Cristiano Ronaldo menciptakan sejarah dengan menjadi pemain pertama mencetak 100 gol pada kompetisi antarklub di benua Eropa. Gol itu terdiri...

Tak Setuju Kompetisi Dilanjutkan, Ini Alasan Persebaya

ACEHFOOTBALL.net — Persebaya Surabaya menyatakan sikap tidak setuju kompetisi Liga 1 tahun 2020 dilanjutkan karena menilai sangat berisiko di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti...

Terbaru

error: Content is protected !!