Pra-PON Panahan: Delapan Atlet Aceh Lolos ke PON Papua

Ketua Perpani Aceh Dr Nyak Amir bersama pengurus dan atlet | Foto Istimewa

ACEHFOOTBALL.net — Delapan atlet panahan provinsi Aceh mendapat tiket lols Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Begitu hasil Prakualifikasi PON di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Pengprov Perpani) Aceh, Dr Nyak Amir MPd, Sabtu (28/9/2019) mengatakan total ada delapan atlet tanah Rencong yang lolos ke Papua.

Disebutkan, sehari sebelumnya, enam pemanah Aceh sudah duluan lolos. Pada hari terakhir , dua atlet panahan Aceh mengikuti jejak rekan-rekannya melaju ke PON Papua.

“Atlet yang berlomba di nomor divisi nasional yakni Riska Wan Parela, Fahrul Azmi, M Iqbal dan Muhammad Rahil,” ujar dia.

Nyak Amir mengatakan, dari perlombaan yang sangat ketat itu, dua atlet panahan Aceh lolos dalam sesi aduan perseorangan putra yakni Fahrul Azmi dan M Iqbal.

“Keduanya mampu masuk empat besar (semifinal) dan menyisihkan sebanyak 96 pemanah putra lainnya di divisi nasional perseorangan putra,”

Dari kemenangan itu, katanya, Aceh berhak mendapat tambahan dua tiket PON lagi, sehingga total jumlah tiket cabang panahan menjadi delapan tiket.

Perlombaan divisi nasional yang dimulai sejak Jumat (27/9/19) atlet panahan Aceh berlomba di divisi Nasional Riska Wan Parela, Fahrul Azmi, M. Iqbal dan Muhammad Rahil.

“Alhamdulillah berkat doa seluruh masyarakat Aceh atlet kita di aduan perseorangan putra, Fahrul Azmi dan M. Iqbal mampu masuk 4 semifinal dengan menyisihkan 96 pemanah putra lainnya,”

Nyak Amir menambahkan, pihaknya mempersiapkan 16 atlet untuk bertarung di Pra-PON. Hasilnya, 50 persen atlet atau delapan orang berhasil mendapatkan tiket.

Disisi lain, pada Pra Pon tahun 2019 ini, Aceh mampu meningkatkan jumlah kelolosan atlet ke PON Papua dari Pra PON Panahan tahun 2016 lalu yang hanya lima atlet yang lolos.

Pra-PON menyediakan 138 tiket yang diperebutkan oleh 516 pemanah dari 30 Propinsi. Dominasi tiket yang diperoleh masih didominasi oleh Pulau jawa, yakni, Jatim, DIY, Jateng, DKI, Jabar, dan Banten. Di luar Jawa, yakni Aceh, Kaltim, Kalteng, dan Lampung.

Tinggalkan Balasan