Persiraja Baru Tiba di Pintu Delapan Besar, Begini Logikanya

Kapten Persiraja Mukhlis Nakata memimpin rekannya sebelum laga lawan Babel United | Foto Arif Khairullah/acehfootball

ACEHFOOTBALL.net — Langkah Persiraja Banda Aceh sudah dipintu delapan besar. Hanya butuh satu poin lagi, agar Laskar Kutaraja mengunci posisi aman.

Kemenangan besar 4-1 atas Babel United, Rabu (2/10/2019), membuat Persiraja hampir dipastikan lolos dari penyisihan grup. Ikhwani dkk kian dekat ke babak 8 Besar.

Kini, Persiraja mengantongi poin 39 dipuncak klasemen sementara, terpaut dua poin dengan Sriwijaya FC dan Persita Tangerang yang menduduki peringkat dua dan ketiga. Sedangkan PSCS Cilacap yang memiliki poin 33 berada di peringkat empat.

Memang, tambahan tripoin itu sudah membuka lebar langkah Persiraja menuju babak delapan besar. Meski secara matematis Defri Rizki dkk belum bisa mengunci tiket delapan besar.

Kenapa? karena masih masih ada dua laga yang harus dihadapi Andika Kurniawan dan kawan-kawan yakni menjamu PSCS Cilacap pada Senin (7/10/19) dan ke markas PSMS Medan pada Sabtu (12/10/19) mendatang.

Dari dua laga itu, dengan tambahan satu poin saja, posisi Husnuzhon dkk akan permanen di empat besar Grup Barat. Peluangnya sangat terbuka, karena cukup bermain imbang saja dengan PSCS Cilacap.

Namun, Persiraja tak boleh kalah ketika menjamu skuad PSCS Cilacap. Jika itu terjadi, maka Zamrony dan koleganya harus bekerja keras saat tandang ke kandang PSMS Medan di Stadion Teladan, Sabtu (12/10) sore.

Kalau Persiraja bisa mengatasi PSCS, maka nilai maksimal mereka 42 poin. Di sisi lain, Cilacap masih menyisakan dua pertandingan melawan Persiraja, dan PSGC Ciamis di kandang.

Kalau mereka mampu menang dua dua tarung terakhir, maka nilai maksimal penggawa Hiu Selatan — Julukan PSCS menjadi 39. Poin 39 akan menyamakan angka sama dengan Persiraja saat ini.

Tentu saja akan membawa kerugian bagi Lantak Laju. Apalagi, kekalahan itu langsung membuat Cilacap unggul head to head dengan skuat Persiraja.

Untuk itu, dalam pertandingan pekan ke-21, Fery Komul dkk tak boleh lengah dengan membuat Sunni Hizbullah meraup poin penuh di Lampineung.

Lalu, PSMS Medan mulai menebar ancaman pasca kemenangan atas Sriwijaya FC. Bila saka mereka mampu menang atas BaBel United, PSGC Ciamis, dan Persiraja, maka nilai maksimal mereka menjadi 40 poin.

Jadi, tak ada pilihan lain bagi Persiraja, kecuali menyelamatkan posisi dengan menang atas PSCS pada Senin (7/10) malam di Lampineung.

Hal ini juga diakui Pelatih Persiraja, Hendri Susilo. Ia mengatakan saat ini mereka masih butuh satu kemenangan lagi untuk mengunci tiket lolos ke babak delapan besar. [a]

Tinggalkan Balasan