Pemko Banda Aceh Berencana Rehab Stadion H Dimurthala

Lapangan Stadion Dimurthala | Photo via IG Ekodensa

ACEHFOOTBALL.net — Pemerintah Kota Banda Aceh mewacanakan rencana renovasi Stadion H Dimurthala, Lampineung. Stadion tersebut akan segera dibongkar dan direnovasi. Tapi, anggarannya masih dalam proses pengajuan.

“Anggaran renovasi Stadion Lampineung sedang dalam proses pengajuan. Kami berharap anggaran bisa disetujui dan renovasi bisa segera dilaksanakan secepatnya,” kata Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman baru-baru ini.

Disebutkan, Pemerintah Kota Banda Aceh akan memperbaiki Stadion Dimurthala agar memenuhi syarat untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola level Liga 1. Apalagi Persiraja saat ini sudah berasda di kasta tertinggi.

Jika Stadion Dimurthala bisa segera direhab, itu akan menjadi stadion alternatif bagi Lantak Laju yang mulai berkompetisi di Liga 1 musim 2020. Stadion Dimurthala akan dijadikan stadion alternatif selain Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh,” katanya.

Disebutkan, renovasi stadion diharapkan bisa menambung 25 ribu penonton. Kata Amin, selama ini, daya tampung stadion yang menjadi markas Persiraja sekitar 10 ribu penonton. “Beberapa tribun dibongkar total. Tribun yang dibongkar akan ditinggikan,” sebut dia.

Terkait anggaran, wali kota tidak menyebutkan berapa yang dibutuhkan untuk merenovasi stadion tersebut. Namun, ia berharap sumber dana selain dari APBK Banda Aceh dan APBA, juga dari APBN.

“Anggaran renovasi Stadion Lampineung sedang dalam proses pengajuan,” ucap dia.

“Kami berharap anggaran bisa disetujui dan renovasi bisa segera dilaksanakan secepatnya,” tukas mantan Dirut Bank BPD Aceh ini.

Seperti diketahui, Stadion Lampineung memang identik dengan markas Persiraja Banda Aceh. Sehingga semua pertandingan kandang Persiraja di Liga Indonesia, sejak zaman Liga Dunhil, Kansas dll hingga Liga 2 musim 2019 selalu digelar di stadion tersebut.

Namun, pada musim kompetisi 2020 seiring dengan promosinya Persiraja, stadion tersebut tak memenuhi standar bin syarat buat menggelar Liga 1. Selain masalah rumput, ruang ganti serta penerangan juga jauh dari layak.

Pilihannya, Persiraja harus memakai Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh untuk menjamu lawannya pada kompetisi Liga 1 musim 2020. Itu pun perlu renovasi lebih dulu, mulai dari kualitas rumput, lampu hingga ruang ganti pemain.

Tinggalkan Balasan