Pekan Ke-3 Agustus, AFA Bakal Gelar Linus Regional Aceh

Ilustrasi turnamen futsal di Banda Aceh | Photo: Eko

ACEHFOOTBALL.net — Asosiasi Futsal Aceh bakal segera menggulirkan kembali Liga Futsal Nunsatara musim 2019. Direncanakan pekan ketiga Agustus. Babak nasional rencananya diadakan pada Oktober atau November 2019.

Sekretaris AFA Reza Karmilin kepada ACEHFOOTBALL.net mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan LFN Regional Aceh secara matang. “Tim-tim yang berminat sudah bisa mempersiapkan diri,” sebut dia.

“Insya Allah, Linus minggu ketiga Agustus kita jadwalkan bergulir. Tim bisa mempersiapkan diri yakni klub profesional dan punya akte pendirian,”

Kata dia, pihaknya juga membuka peluang kepada pihak ketiga yang berminat menjadi penyelenggara. “Bila ada yang ingin jadi panitia bisa menghubungi AFA,” pesan Reza.

Seperti diketahui, pada Maret lalu, Pro Futsal League (PFL) 2019 sebagai kasta tertinggi kompetisi futsal Indonesia sudah berakhir. Selepas PFL maka akan kembali bergulir Liga Futsal Nusantara (LFN) musim 2019.

LFN adalah kompetisi kasta kedua dibawah PFL yang diselenggarakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI). Nantinya, 4 tim putra dan 2 tim putri dari LFN akan promosi ke PFL dan Women Pro Futsal League (WPFL) 2019.

LFN terlebih dulu akan dihelat di 34 provinsi seluruh Indonesia dimulai dari tingkat kota dan Kabupaten jika sudah ada Asosiasi Futsal Kota atau Kabupaten sendiri. Kemudian, juaranya berlanjut ke tingkat provinsi.

Pemenang di tingkat provinsi akan melangkah ke babak 34 besar nasional. Dari babak 34 besar nasional ini akan memperebutkan 8 tim putra dan 4 tim putri untuk berlaga di babak nasional untuk memperebutkan tiket promosi ke PFL dan WPFL 2019.

Babak nasional rencananya diadakan pada Oktober atau November 2019. Patut dinantikan siapa tim dari LFN yang akan promosi ke PFL dan WPFL musim 2020 mendatang.

Musim lalu, Wirataco mewakili Provinsi Aceh berlaga di LFN 2018 babak 34 besar antar klub profesional zona Sumatera yang digelar pada bulan Oktober mendatang di Dumai, Riau.

Tahun lalu, LFN Regional Aceh berlangsung sejak 20-25 September 2018. Sebanyak enam tim futsal terbaik ikut dalam kompetisi resmi ini. Tim-tim tersebut diantaranya, Sadakata FC, Satoe Atjeh FC, Genksi FC, Wirataco FC, Teuku Umar FC dan Maximum FC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here