Negara yang Bantu Aceh Ikut Lolos ke Piala Eropa, Ini Daftarnya

Pemain Finlandia selebrasi | Foto: UEFA
Pemain Finlandia selebrasi | Foto: UEFA

ACEHFOOTBALL.net — Sedikitnya sudah ada 16 negara yang dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Negara yang ikut membantu perdamaian Aceh, yakni Finlandia ikut mencatat sejarah baru.

Selain Finlandia, Swedia juga sudah memastikan diri meraih tiket putaran final. Finlandia memastikan diri lolos setelah menang 3-0 atas Liechtenstein dalam laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Sonera, Helsinki, Sabtu (16/11/2019) dini hari WIB. Teemu Pukki menjadi bintang di laga tersebut dengan dua golnya.

Kemenangan ini membuat Finlandia meraih 18 poin dari 9 pertandingan. Tim nasional berjuluk Huuhkajat itu berada di posisi kedua Grup J di bawah Italia dengan 27 poin.

Pemain Finlandia selebrasi | Foto: UEFA

Posisi Finlandia sebagai runner up sudah tidak bisa dikejar lagi oleh Yunani di peringkat ketiga. Juara Piala Eropa 2004 itu hanya meraih 11 poin, atau tertinggal 7 poin dari Finlandia.

Sementara Swedia yang namanya juga begitu “akrab” dengan Aceh turut memastikan langkah ke putaran final 2020 usai menang atas Rumania. Bermain di Stadion Arena Nationala, Bukarest, Swedia mampu menaklukan tim tuan rumah dengan skor 2-0.

Kemenangan ini membuat Swedia tak akan tersentuh lagi sebagai runner up Grup F. Victor Lindelof dkk meraih 18 poin dari sembilan laga, sementara Rumania di posisi tiga bbaru mendapatkan 14 poin dengan satu laga tersisa.

Seperti diketahui, perdamaian Aceh dengan Indonesia diteken di Kota Helsinki, Finlandia pada 15 Agustus 2005. Swedia adalah negara tempat tinggal para pertinggi Gerakan Aceh Merdeka alias GAM.

Dafta Negara yang Lolos

Spanyol, Inggris, Republik Ceska, Ukraina, Polandia, Prancis, Turki, Belgia, Rusia, Italia, Swedia, Finlandia, Jerman, Belanda, Kroasia dan Austria
 
Diolah dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan