Kompetisi Liga 2 Musim Depan Ada Enam Klub Asal Sumatera

Liga 2 Musim 2019

ACEHFOOTBALL.net — Kompetisi Liga 2 2020 direncanakan akan mulai digelar pada Maret 2020. Hingga saat ini baru 18 klub yang yang dipastikan jadi calon peserta. Dari jumlah tersebut ada enam klub dari Pulau Sumatera.

Dari 18 tim tersebut, 15 adalah klub “lama” alias bermain musim lalu dan tiga klub degradasi dari Liga 1 2019. Sementara enam tim tersisa untuk menggenapi komposisi tim Liga 2 yang akan berjumlah 24 tim berasal dari klub Liga 3 2019 yang promosi.

Saat ini, kompetisi kasta ketiga tersebut belum kelar. Pasalnya, Liga 3 2019 baru masuk di fase nasional. Ada enam tim yang masuk dari fase pra nasional, ditambah 26 klub dari fase regional (mulai dari zona provinsi hingga pulau).

Saat ini sebanyak 32 tim sedang berlaga di penyisihan grup, yang terbagi dalam delapan grup, empat grup di Barat dan empat grup di Timur. Juara dan runner-up masing-masing grup akan lolos ke babak kedua.

Di babak kedua nantinya akan ada 16 tim berlaga yang drawingnya sudah dilakukan dan pertandingannya akan berlangsung pada 19 Desember mendatang dengan sistem gugur (single match).

Kemudian delapan tim akan lolos ke babak ketiga. Di babak tersebut, tim peserta kembali dibagi ke dalam dua grup. Tiga tim teratas akan promosi ke Liga 2 dan juara masing-masing grup bertemu di final, yang akan digelar pada 29 Desember.

Sementara itu, Liga 1 2019 baru saja menemukan tiga klub yang diharuskan terdegradasi ke Liga 2 2020. Meski kompetisi ini masih menyisakan dua laga sisa, dan baru akan berakhir 22 Desember mendatang.

Tiga klub terbawah saat ini, yakni Badak Lampung, Kalteng Putra dan Semen Padang sudah dipastikan turun kasta musim depan, setelah koleksi poin yang mereka dapatkan sampai pekan ke-32 tak akan mampu keluar dari papan bawah.

Daftar sementara kontestan Liga 2 musim 2020:

Enam klub Sumatera: Sriwijaya FC, PSMS Medan, Babel United FC, PSPS Riau dan Semen Padang. Klub lain; PSCS Cilacap, Persewar Waropen, Perserang Serang, Cilegon United FC, Martapura FC, Mitra Kukar, Persis Solo, Sulut United, PSIM Yogyakarta, Persiba Balikpapan, PSBS Biak, Kalteng Putra, Badak Lampung FC

Tinggalkan Balasan