Kamis, Juli 2, 2020
Beranda Kompetisi Liga 1 Ini Lima Poin Penting Persebaya Untuk Liga 1

Ini Lima Poin Penting Persebaya Untuk Liga 1

ACEHFOOTBALL.net — Presiden klub Persebaya Surabaya, Azrul Ananda, menyampaikan beberapa poin penting lima poin penting terkait keputusan kelanjutan Liga 1 2020.

Dalam pernyataannya yang dikutip dari laman resmi klub, ia mengatakan, Persebaya Surabaya mengingatkan agar keputusan kelanjutan liga tidak dibuat secara gegabah dan menghasilkan risiko, baik jangka pendek maupun panjang.

Salah satu poin yang disampaikan Persebaya terkait dengan dampak terhadap tim nasional Indonesia. Persebaya menilai saat ini adalah momen terbaik untuk mencurahkan fokus ke timnas Indonesia daripada melanjutkan liga.

“Persebaya dan kami yakin seluruh klub di Indonesia sangat memikirkan kepentingan tim nasional Indonesia. Dalam situasi ini, kami merasa justru menjadi momen bagi semua pihak mencurahkan fokus kepada timnas,” ujar Azrul Ananda.

“Mengumpulkan pemain untuk keperluan TC timnas Indonesia risikonya jauh lebih kecil daripada melanjutkan liga.” Seperti yang diketahui, timnas Indonesia baik U-19 maupun senior bakal melakoni sejumlah kompetisi penting.

Timnas U-19 tengah melakukan pemusatan latihan (TC) secara virtual untuk mempersiapkan diri jelang Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 2021. Adapun timnas senior juga dijadwalkan menjalani TC untuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Menurut Azrul, ada baiknya semua pemain klub yang masuk ke skuad Merah Putih fokus menjalani TC daripada ikut berkompetisi di liga. Sebab, situasinya akan jauh lebih buruk jika pemain timnas yang berkompetisi di liga terinfeksi virus corona.

Lebih lanjut, Azrul Ananda menyampaikan bahwa jika hal itu terjadi, dampaknya akan lebih rumit bagi klub maupun timnas. “Ambil contoh, apabila pemain timnas harus ikut kompetisi di liga, kemudian dia terinfeksi Covid-19, maka dampaknya jauh lebih besar lagi.”

“Jika itu terjadi, situasinya sangat buruk bagi klub maupun timnas. Bahkan, bisa mengancam pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021,” demikian pernyataan Azrul Ananda.

Adapun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dilanjutkan. Keputusan kelanjutan kompetisi musim 2020 itu diambil berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6/2020) yang dilakukan secara virtual.

Rencananya, kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020 akan dimulai pada September atau Oktober 2020.  Persebaya jelas menghormati segala keputusan yang dibuat berkaitan dengan kelanjutan Liga 1 2020.

Namun, mereka meminta agar keputusan yang dibuat harus berdasarkan kepentingan yang lebih luas. Bukan hanya tentang sepak bola nasional dan masa depannya, melainkan juga dampak bagi masyarakat luas.

| KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Populer

10 Orang Terkaya di Aceh Tolak Beli Saham Persiraja?

ACEHFOOTBALL --- Ada cerita menarik dibalik penguasaan 80 persen saham mayoritas oleh Nazaruddin alias Dek Gam. Ternyata proses lobi sudah dilakukan terhadap 10 orang...

Persiraja Siap Main Dimana Saja: Hendri Susilo

ACEHFOOTBALL.net — Pelatih Persiraja Banda Aceh Hendri Susilo, menyatakan timnya siap tampil (main) di mana saja ketika kompetisi dilanjutkan. “Tidak masalah, di mana pun digelar,...

Sejarah: Ayah Angkat Martunis Cetak 100 Gol di Eropa

ACEHFOOTBALL --- Ayah angkat Martunis, Cristiano Ronaldo menciptakan sejarah dengan menjadi pemain pertama mencetak 100 gol pada kompetisi antarklub di benua Eropa. Gol itu terdiri...

Tak Setuju Kompetisi Dilanjutkan, Ini Alasan Persebaya

ACEHFOOTBALL.net — Persebaya Surabaya menyatakan sikap tidak setuju kompetisi Liga 1 tahun 2020 dilanjutkan karena menilai sangat berisiko di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti...

Terbaru

error: Content is protected !!