Kamis, Juli 2, 2020
Beranda Bolanesia Hasil Rapat Daring, PSSI Berencana Gulirkan Liga 3

Hasil Rapat Daring, PSSI Berencana Gulirkan Liga 3

ACEHFOOTBALL.net — PSSI sudah memberi sinyal untuk menggulirkan Liga 3 pada tahun ini setelah mereka memutuskan melanjutkan dua kompetisi profesional, Liga 1 dan 2.

Hal itu disampaikan ketua umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rapat virtual dengan asosiasi provinsi (Asprov) hari ini, Senin (21/6/2020). Sebelumnya PSSI sudah memastikan melanjutkan Liga 1 dan 2 yang terhenti sejak pertengahan Maret akibat pandemi virus Corona.

Dikutip dari dilansir laman lembaga, keputusan PSSI itu membuat klub Liga 3 juga meminta induk organisasi sepakbola nasioal ini mengeluarkan kebijakan yang sama untuk kompetisi amatir.

Rapat virtual tersebut diikuti 34 Asprov yang menyampaikan aspirasi klub terkait nasib kompetisi tahun ini. Iriawan mengatakan, pihaknya merasa senang jika klub Liga 3 menginginkan kompetisi tetap ada pada 2020.

“Saya sebagai Ketua Umum PSSI senang kalau Liga 3 dapat bergulir sebagaimana kami melanjutkan Liga 1 dan 2. Tentu menggulirkan Liga 3 harus mengikuti protokoler kesehatan yang ada,” ujar Iriawan.

“Kami mengapresiasi kerja keras Asprov untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Mereka merupakan ujung tombak PSSI di daerah untuk membina sepakbola, terutama pembinaan usia muda.”

Hal senada diungkapkan Yunus Nusi. Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI ini mengatakan, Liga 3 dibutuhkan untuk melanjutkan jenjang pembinaan, sehingga pemain muda mendapatkan kesempatan memperlihatkan kemampuan mereka sebelum berkecimpung di dunia profesional.

Yunus menambahkan, seperti halnya Liga 1 dan 2, kompetisi ini akan menerapkan protokol kesehatan. Menurutnya, PSSI bakal menggodok format kompetisi, namun sistem home tournament kemungkinan besar menjadi pilihan.

“Aspek pembinaan, pengembangan sepakbola dalam jenjang kompetisi tetap terjaga. Ini juga kesempatan klub Liga 3 dapat promosi ke Liga 2 musim berikutnya,”

Apalagi ini sesuai dengan program kerja PSSI 2020 tentang kompetisi yang telah disahkan pada Kongres PSSI di Bali awal tahun lalu,” kata Yunus.

“Kami sependapat dengan para peserta Asprov yang lain yakni kompetisi Liga 3 tetap diselenggarakan, namun dilaksanakan dengan sistem home turnament menjadi salah satu alternatif atau format lain yang memungkinkan.”

Hanya saja, Yunus belum bisa memastikan waktu perhelatan Liga 3. Sebab, rekomendasi dari Asprov ini masih harus dibahas di lingkup komite eksekutif (Exco) sebelum diputuskan.

| Goal

Tinggalkan Balasan

Populer

10 Orang Terkaya di Aceh Tolak Beli Saham Persiraja?

ACEHFOOTBALL --- Ada cerita menarik dibalik penguasaan 80 persen saham mayoritas oleh Nazaruddin alias Dek Gam. Ternyata proses lobi sudah dilakukan terhadap 10 orang...

Persiraja Siap Main Dimana Saja: Hendri Susilo

ACEHFOOTBALL.net — Pelatih Persiraja Banda Aceh Hendri Susilo, menyatakan timnya siap tampil (main) di mana saja ketika kompetisi dilanjutkan. “Tidak masalah, di mana pun digelar,...

Sejarah: Ayah Angkat Martunis Cetak 100 Gol di Eropa

ACEHFOOTBALL --- Ayah angkat Martunis, Cristiano Ronaldo menciptakan sejarah dengan menjadi pemain pertama mencetak 100 gol pada kompetisi antarklub di benua Eropa. Gol itu terdiri...

Tak Setuju Kompetisi Dilanjutkan, Ini Alasan Persebaya

ACEHFOOTBALL.net — Persebaya Surabaya menyatakan sikap tidak setuju kompetisi Liga 1 tahun 2020 dilanjutkan karena menilai sangat berisiko di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti...

Terbaru

error: Content is protected !!