Eriyanto, Bek Anyar Persiraja yang Pernah Main di AC Milan

Bek PSPS Riau Eriyanto (dua dari kanan -- jongkok) berlabuh ke Persiraja | Photo DOK LIB

ACEHFOOTBALL.net — Persiraja Banda Aceh terus mempersiapkan tim menjelang bergulirnya putaran kedua Liga 2 musim 2019 ini. Satu lagi pemain masuk mengisi lini bawah Laskar Kutaraja.

Kabar teranyar, mantan bek PSPS Riau, Eriyanto masuk mengisi posisi bek di klub yang bermarkas di Lampineung itu. Eri juga tercatat pernah besama Timnas Indonesia U-19. “Info kami dengar Eriyanto masuk, tapi kemarin sore belum latihan dia,” ujar seorang sumber yang setia menonton latihan Luis Irsandi dkk saban sore.

Eriyanto merupakan pemain kelahiran Sukabumi, 12 Maret 1996. Meski usianya baru 23 tahunm ia sudah kenyang pengalaman dalam dunia sepak bola.

Ia terjun ke dunia sepak bola dengan bergabung di salah satu Sekolah Sepak Bola (SSB) di kampungnya di Sukabumi yakni SSB Asmaras. Dari SSB itulah bakat bermain bolanya semakin terasah.

Namanya melejit saat menjadi kapten terbaik Milan Junior Camp Day Tournament 2010. Ia menjadi bagian dari pesepak bola muda Indonesia yang terbagung dalam The All Star Team Milan Junior Camp besutan Yeyen Tumena.

Tim tersebut berhasil mencatatkan sejarah dengan meraih juara Milan Junior Camp Day Tournament yang berlangsung di Italia. Eriyanto keluar sebagai kapten terbaik.

Selepas sukses bersama Milan Junior, Eriyanto kembali meraih prestasi dengan membawa Timnas Indonesia U-19 menyabet juara HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 di Hong Kong.

Namun demikian, nasib Eriyanto kurang semulus Evan Dimas dan rekan-rekan seangkatannya yang lain di Timnas Indonesia U-19 pada level senior. Saat masih memperkuat Timnas Indonesia U-19, honornya pernah terlambat dibayarkan.

Ia kala itu bahkan harus mencari rumput untuk kambing-kambing peliharaannya. Eriyanto sempat tercatat bergabung ke dua klub besar Indonesia, yakni Persib Bandung dan Madura United.

Pada musim 2017 dia bersama Madura United | Photo via bolamadura.com

Selama memperkuat Madura United di Liga 1 2017, ia mengemas 8 penampilan dengan 399 menit bermain. Pemain berusia 23 tahun itu terakhir memperkuat PSPS Pekanbaru di Liga 2 2018. Eriyanto masih membela PSPS Pekanbaru untuk musim 2019.

Dia juga tampil sebagai starter dalam laga-laga Askar Bertuah sepanjang putaran pertama. Bek dengan kostum nomor 3 itu telah melepas masa lajangnya tahun 2018 lalu. Ia menikah pada 4 Maret dengan Elvina Sofiyanti.

|INDOSPORT-DARI BERBAGAI SUMBER

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here