Ini Catatan Apik Miswar Saputra di Bawah Mistar Persebaya

ACEHFOOTBALL.net — Kiper asal Aceh Miswar Saputra yang menjadi tembok kokoh di bawah mistar Persebaya Surabaya didapuk sebagai raja penyelamatan di Liga 1.

Dikutip dari situs resmi klub dan situs Liga 1 liga-indonesia.id, kiper utama klub asal Jawa Timur itu sukses menjadi penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak di liga 1 2019. Miswar tercatat berhasil melakukan 55 penyelamatan.

Jumlah tersebut kemungkinan besar membuatnya menjadi kiper dengan penyelamatan terbanyak sepanjang putaran pertama.

Pesaing terdekatnya adalah Teja Paku Alam dari Semen Padang yang berhasil melakukan 51 penyelamatan. Jumlah penyelamatan Miswar yang tinggi menjadi catatan positif buatnya.

Angka tersebut menandakan bahwa ia merupakan kiper yang berkualitas. Seringkali penyelamatan yang dilakukan Miswar membuat Persebaya terhindar dari kekalahan.

Penyelamatan-penyelamatan dari Miswar tersebut seringkali luput dari perhatian para suporter, apalagi ketika Persebaya gagal menang.

Suporter seringkali menyalahkan Miswar sebagai biang kerok ketika Persebaya gagal menang. Meskipun, tidak jarang pula Miswar melakukan gerakan tidak perlu yang membahayakan gawangnya.

Infografis : LIB

Namun, dari jumlah tersebut juga menandakan bahwa pertahanan Persebaya mudah ditembus. Apalagi sepanjang musim ini, Miswar sudah kebobolan sebanyak 21 kali dari 16 penampilannya.

Jika dibuat rasio, Miswar kebobolan 1,3 gol/laga. Artinya jika di rata-rata ia kebobolan di setiap pertandingan. Dari 17 pertandingan ia juga baru mencatat 4 kali clean sheets.

Catatan tersebut harus menjadi bahan evaluasi yang serius bagi lini pertahanan Persebaya dan tim pelatih.

| EMOSIJIWAKU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here